Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO

Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO

Advertisements
Advertisements

Memberikan proteksi pada mobil berupa asuransi mobil, merupakan hal yang hampir bisa dibilang wajib dilakukan, terlebih bagi mobil baru.

Jika memungkinkan lagi, kita memilih asuransi kendaraan yang murah tetapi mendapat perlindungan maksimal, sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Saat ini terdapat dua jenis asuransi mobil murah yang bisa dipilih, diantaranya asuransi mobil jenis all risk dan asuransi mobil jenis TLO. Apa perbedaan keduanya?

Advertisements
Advertisements

1. All risk

Asuransi mobil all risk sesuai namanya, bermanfaat memberikan perlindungan untuk semua risiko yang terjadi pada mobil kita.

Asuransi model all risk tidak memperhitungkan persentase kerusakan yang telah dialami mobil. Baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar, biaya perbaikan yang terjadi atas kerusakan mobil akan ditanggung perusahaan asuransi.

Asuransi ini juga sering disebut asuransi comprehensive. Asuransi all risk ini biasanya memberikan beberapa perluasan jaminan, sebagai contoh adanya perluasan untuk kasus banjir, ada kejadian huru-hara, serta perlindungan lainnya.

2. Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil TLO akan memberikan jaminan saat mobil yang diasuransikan tersebut tiba-tiba hilang karena dicuri.

Nah, untuk asuransi mobil yang murah, rata-rata mereka menggunakan jenis asuransi Total Loss Only, karena ada batasan tertentu untuk bisa dilakukan klaim.

Jasa asuransi tidak akan memberikan pertanggungan jika kerusakan yang dialami oleh mobil tersebut tidak mencapai 75 persen. Kerusakan di atas 75 persen bisa diartikan bahwa kerusakan yang terjadi tidak bisa diperbaiki, dan mobil tersebut tidak akan bisa digunakan lagi.

Nah, itu tadi perbedaan antara asuransi TLO dan all risk. Jangan ragu untuk membaca dan mempelajari isi polis asuransi, sebelum memutuskan membelinya!

Perhitungan premi asuransi

Secara umum, perhitungan premi berdasar rate asuransi dikalikan dengan harga mobil. Nilai rate asuransi yang digunakan oleh masing-masing perusahaan bisa berbeda, tergantung pada jenis mobil, tipe mobil, tahun keluaran, bahkan plat juga berpengaruh.

BACA JUGA:  Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Selain hal tersebut di atas, beberapa kriteria lain bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan, diantaranya usia pengemudi, riwayat kredit dan sebagainya.

Semoga info ini bermanfaat ya…

Baca juga: 10 Asuransi Mobil Terbaik 2022

Trending

Advertisements
Advertisements