Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Advertisements
Advertisements

Klaim asuransi kesehatan seringkali ditolak oleh perusahaan asuransi. Penyebab utama hal ini terjadi biasanya karena penyebab klaim tidak cocok dengan perjanjian yang tertera di dalam dokumen polis. Atau bisa jadi ada hal-hal khusus yang menyebabkan proses klaim ditolak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan proses klaim asuransi kesehatan nasabah ditolak:

1. Klaim Termasuk dalam Pengecualian

Ada beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebab gagal klaim, yaitu kejadian tersebut berada dalam pengecualian pertanggungan, contohnya cedera karena melukai diri sendiri. Termasuk juga bunuh diri, atau percobaan untuk bunuh diri juga termasuk pengecualian pertanggungan.

Advertisements
Advertisements

2. Polis Tidak Aktif

Hal berikutnya yang sering jadi penyebab gagal claim asuransi, adalah karena polis berada pada posisi lapse atau tidak aktif. Hal ini terjadi saat nasabah terlambat membayar premi rutin ke penyedia asuransi. Segera menghubungi agen terkait untuk mendapat solusinya.

3. Terlambat Mengajukan Klaim

Pastikan pengajuan klaim tidak melewati masa klaim, karena setelah lewat masa yang ditentukan, proses klaim bisa gagal karena menjadi kadaluarsa.

Baca juga: 10 Asuransi Mobil Terbaik 2022

4. Dokumen Tidak Lengkap

Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut biasanya terdiri atas Formulir Pengajuan Klaim, identitas diri, dokumen asli dari dokter, dokumen asli dari kepolisian, dan sebagainya. Pastikan untuk melengkapi semuannya agar proses klaim bisa berjalan lancar.

5. Sedang dalam Masa Tunggu Polis

Masa tunggu polis adalah waktu dimana nasabah harus menunggu sampai polis yang didaftarkan benar-benar aktif. Jika terjadi sesuatu saat masa tunggu polis, proses klaim biasanya akan gagal.

6. Pengajuan Klaim dengan Curang

Cara curang yang sering dilakukan biasanya menggunakan dokumen atau surat keterangan palsu. Jika ketahuan, proses klaim akan beresiko gagal bahkan bisa dikenai pasal pemalsuan dokumen.

BACA JUGA:  10 Asuransi Mobil Terbaik 2022

7. Pre-Existing Condition

Pre-Existing Condition merupakan kondisi seorang nasabah sebelumnya sudah mengidap suatu penyakit saat mendaftar asuransi. Seringkali hal ini menjadi penyebab gagal klaim asuransi. Pastikan untuk mempelajari hal ini di polis asuransi.

8. Berada di Luar Wilayah Pertanggungan

Sebagai contoh, jika Anda sedang melakukan perjalanan ke luar negeri, dan terjadi kecelakaan, bisa jadi proses klaim asuransi akan ditolak. Hal ini terjadi karena polis asuransi hanya mencover kejadian di wilayah Indonesia saja.

9. Sudah Melewati Limit yang Ditentukan

Seperti halnya kartu kredit, untuk asuransi kesehatan pun memiliki sistim limit. Proses klaim asuransi kesehatan beresiko ditolak jika pengajuan melewati batas limit.

Trending

Advertisements
Advertisements