Advertisements
nft ktp

KACAU! Masa KTP Dijual Jadi NFT

Suksesnya Ghozali yang yang berhasil menjual foto selfie total mencapai belasan miyar melalui akun NFT membuat warga Indonesia latah. Tiba-tiba, platform tempat Ghozali jualan dibanjiri dengan foto-foto aneh.

Mulai dari foto-foto makanan ala warteg, hingga terakhir malah ada yang upload selfie KTP. Mungkin mereka berharap bisa meraup milyaran rupiah dari situ.

Pakar Metaverse dari IDM Co-op, MC Basyar, mengingatkan bahwa apa yang dilakukan oleh mereka dengan upload foto selfie KTP sangat berbahaya. Karena foto tersebut rentan untuk disalahgunakan.

Karena foto KTP yang diuplod tersebut memiliki smart contract nya. Sudah dianggap sebagai menjual kekayaan intelektual kepada orang lain. Jadi nanti tidak bisa protes saat foto KTP tersebut dimiliki oleh pembeli.

“Nanti ketika ada yang beli orang tidak boleh protes loh kalau KTP itu digunakan dimana-mana secara komersial. Karena dia sudah resmi dijual di marketplace NFT, itu ada smart contract-nya. Bisa dibilang hak kekayaan intelektual secara universal,” tutur Basyar.

Basyar menilai warga Indonesia terlambat memahami terkait NFT itu sendiri. Oleh karena itu butuh edukasi yang lebih jauh terkait teknologi blockchain tersebut.

“Itu yang menurut ku harus terus hati-hati. Jadi kalau memang mau cari duit bisa, tapi kalau cari sensasi ya repot. Makanya kami perlu edukasi,” tutupnya.

Baca Juga: APLIKASI PENGHASIL UANG NYATA

BACA JUGA:  10 Kamera DSLR Terbaik untuk Januari 2022