Apakah virus komputer menyebar melalui media
sumber gambar : freepik.com

Apakah virus komputer menyebar melalui media?

Jika Anda percaya dengan apa yang Anda dengar di media, ada banyak sekali virus di luar sana. Tentu saja, yang saya maksud bukan virus semacam HIV atau influenza. Tetapi mereka juga memiliki banyak waktu tayang. Saya sedang berbicara tentang beberapa jenis virus yang masuk melalui koneksi internet Anda dan bukan saluran hidung Anda.

Apa yang sering tidak dikatakan oleh media arus utama adalah bahwa banyak dari “virus” ini bukanlah virus, setidaknya di sebagian besar siaran berita radio dan televisi, dalam berita utama penting dan artikel pengantar di artikel surat kabar.

Apa itu virus komputer sebenarnya

Alasan utama media arus utama selalu waspada terhadap virus adalah karena program komputer jahat cenderung disebut virus. Faktanya, setidaknya ada 11 jenis perangkat lunak berbahaya atau malware yang umum menyerang komputer saat ini. Yang paling umum adalah worm, Trojan horse, dan spyware.

Selanjutnya, apa saja sih perbedaan antara mallware denan virus komputer? Perbedaannya adalah bahwa virus komputer adalah satu-satunya virus yang secara teratur mematikan komputer Anda dan menyebabkan kerusakan nyata lainnya. Jenis malware lainnya yang paling umum, seperti worm, Trojan, dan spyware, biasanya hanya dapat dideteksi dengan pemindaian khusus.

Bahaya sebenarnya dari virus komputer

Apa yang perlu dikhawatirkan jika jenis malware lain tidak mengganggu dan hanya dapat dideteksi dengan pemindaian khusus? Pertama-tama, inilah mengapa program ini disebut berbahaya: Ini dirancang untuk melakukan semacam kerusakan pada komputer seseorang selain milik Anda.

Worms yang paling banyak digunakan untuk merusak, menghancurkan, atau mengganggu jaringan komputer selain yang di mana komputer host berada. Misalnya, worm digunakan oleh pemilik situs web untuk memblokir situs web pesaing dengan mengirimkan sejumlah besar permintaan ke komputer yang menghosting situs web pesaing. Worms sering digunakan untuk mengirim virus ke komputer lain tanpa menginfeksi sistem host. Bagaimana worm akhirnya mematikan komputer host?

BACA JUGA:  7 Tips Beli Laptop Terjangkau

Trojan sering digunakan untuk menyuntikkan worm dan malware lainnya ke dalam komputer Anda, meskipun Trojan itu sendiri tidak melakukan kerusakan apa pun.

Tetapi bahkan jika Anda tidak peduli apa yang terjadi pada orang lain, Anda harus memperhatikan satu jenis malware. Spyware, seperti namanya, adalah jenis malware yang mengumpulkan data dari komputer Anda dan mengirimkannya kembali ke perangkat jarak jauh. tuan rumah.

Karena sebagian besar spyware hanya tertarik untuk memantau penggunaan Internet Anda, ia dapat memberi tahu program lain yang disebut adware tentang iklan yang muncul di komputer Anda. Namun, ada program spyware kriminal yang mencuri data keuangan atau melakukan pencurian identitas langsung. Apakah Anda pikir komputer Anda tidak memiliki data pribadi atau keuangan? Beberapa program spyware termasuk keyloggers, yaitu program yang menyalin apa yang Anda ketik, biasanya untuk mencuri kata sandi. Bahkan jika Anda tidak menyimpan informasi keuangan Anda di komputer Anda, jika Anda membeli sesuatu melalui web, keylogger akan menggunakan informasi yang sama yang Anda masukkan untuk melakukan pembelian, memungkinkan pemiliknya untuk melakukan pembelian.

Mengapa mengkritik media?

Mengingat risiko dari berbagai jenis malware ini, bukankah hal yang baik bahwa media massa menjadi histeris tentang hal itu? Dan tidak bisakah mereka memaafkan laporan kasar yang menyebut Trojan, worm, spyware, dan malware lainnya sebagai “virus”?

tidak tidak.

Ini adalah contoh klasik dari kesalahan pelaporan yang lebih merugikan daripada tidak melaporkan sama sekali. Kerugian yang ditimbulkan oleh pelaporan yang salah dalam kasus ini mempromosikan mitos umum: “Satu-satunya perangkat lunak berbahaya adalah virus. Virus merusak komputer. Jadi jika komputer saya berfungsi, komputer saya bebas dari perangkat lunak berbahaya. Saya hanya perlu memindai komputer saya untuk mencari masalah ketika ada tanda-tanda masalah.”

BACA JUGA:  6 langkah mudah yang dapat Anda coba untuk mempercepat kinerja komputer Anda

Karena mitos ini, banyak orang tidak keberatan menjadwalkan pembaruan otomatis dan membiarkan perangkat lunak antivirus mereka kedaluwarsa selama berbulan-bulan. Terlebih lagi, banyak orang tidak memiliki perangkat lunak tambahan untuk melawan jenis malware lain yang mungkin tidak tercakup oleh perangkat lunak antivirus.

Ternyata, tidak sedikit orang yang menemukan malware terinstall di komputer mereka setelah melakukan pemindaian mengatakan, “Tapi tidak ada malware di komputer saya!” Tapi bagaimana mereka tahu jika mereka tidak memindainya!

Disini diperlukan peran dari media terutama televisi, untuk mulai memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *