Membersihkan dan merapikan komputer Anda
sumber gambar : freepik.com

Membersihkan dan merapikan komputer Anda

Ini adalah ide yang baik untuk menganggap PC Anda sebagai kantor. Menyimpan file, program, dan foto. Hal ini bisa dianalogikan dengan dokumen kantor, mesin perusahaan dan dekorasi kantor yang sebenarnya. Sistem operasi adalah bos. Dengan gambaran ini, bayangkan kantor yang Anda kunjungi setiap hari akan menjadi lambat dan tidak efisien. Alasan ketidakefisienan mungkin beragam. Hal ini juga berlaku untuk komputer. Ada banyak hal yang memperlambat komputer Anda. Mungkin yang paling sering diabaikan adalah kebingungan dan kebingungan.

Pembersihan disk

Kantor dapat dipenuhi dengan file, mesin, dan dekorasi yang tidak perlu. Ini sama dengan komputer. Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan kekacauan ini adalah dengan melakukan utilitas pembersihan secara teratur. Di OS Windows, program untuk membersihkan komputer ini disebut “Disk Cleanup”. Ini menghapus berbagai file yang tidak perlu tergantung pada opsi yang dipilih.

Untuk melakukan Disk Cleanup di Windows XP, cukup klik “My Computer” di menu Start. Klik kanan pada “Drive C” atau “hard disk” dan pilih “Properties”. Klik “Disk Cleanup” dan ikuti petunjuknya. Pilih file yang ingin Anda bersihkan atau hapus, dan Windows menyediakan informasi yang diperlukan. Saat melihat daftar jenis file, cukup klik pada nama jenis file dan baca deskripsi di bawah area deskripsi. Ini memberitahu Anda jika file tersebut dapat dihapus dengan aman. Untuk memilih grup file, centang kotak di samping nama grup. Setelah membuat pilihan Anda, klik “OK” untuk menyelesaikan.

Disk Cleanup sekarang membutuhkan lebih sedikit waktu, hanya membutuhkan beberapa menit, dan membuat komputer Anda berjalan lebih cepat, yang pada gilirannya menghemat lebih banyak waktu. Namun, Disk Cleanup harus dijalankan secara berkala, tidak hanya sekali. Salah satu cara untuk menjalankan tugas ini secara berkala adalah dengan menjadikannya tugas terjadwal. Hal ini memungkinkan komputer Anda untuk berjalan secara otomatis pada interval dan waktu yang Anda tentukan. Atau, Anda bisa menjalankan program ini diwaktu-waktu tertentu secara manual.

BACA JUGA:  7 Tips Beli Laptop Terjangkau

Add or Remove Program

Langkah di atas bisa digunakan untuk membuang file yang tidak perlu. Selain itu, mungkin juga ada program yang sudah tidak terpakai. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan utilitas “Add or Remove Program” Windows. Ini terletak di Control Panel dan mencantumkan semua program yang saat ini diinstal dan opsi uninstall. Ada baiknya untuk menjelajahi utilitas Tambah atau Hapus Program dari waktu ke waktu untuk memastikan semua program Anda berguna.

Jika program yang tidak digunakan lagi terdaftar, cukup sorot program tersebut dan klik tombol Uninstall. Windows akan memulai proses uninstall program. Dalam kebanyakan kasus, Anda disarankan untuk me-restart komputer Anda untuk menyelesaikan penghapusan instalasi program. Ini akan menghasilkan file dan dump yang diarsipkan sementara.

Utilitas “Add or Remove Program” ini sangat bermanfaat, akan tetapi tidak semua aplikasi dicantumkan terlebih dahulu. Anda juga dapat menghapus program yang telah diinstal sebelumnya di komputer dan sistem operasi Windows Anda. Sebagai contoh, Outlook Express adalah aplikasi email bawaan yang disertakan dengan sistem operasi Windows. Jika Anda tidak menggunakan program email ini, Anda dapat menghapusnya. Di utilitas Tambah atau Hapus Program, klik “Tambah atau Hapus Komponen Windows” dan ikuti petunjuknya.

Defragmentasi

Banyak perusahaan mempunyai banyak file dan program penting yang tidak dapat dibuang. Ini mungkin berisi file yang sebenarnya tidak digunakan, tetapi masih perlu disimpan untuk beberapa alasan. File-file ini harus tetap di kantor, tetapi harus dibersihkan. Inilah sebabnya kami membuat folder file untuk menampung grup file terkait. Daripada menyimpannya di lemari yang diatur dalam urutan abjad.

File yang disimpan di komputer Anda disimpan di hard drive Anda. Tetapi mereka ditempatkan menurut waktu keselamatan. Jadi, daripada membuka dokumen kata dan menyimpan file sebagai “File A” dan membuka dokumen lain dan menyimpannya sebagai “File B”, “File A” ditempatkan di sebelah “File B”. Tidak apa-apa, tetapi jika nanti Anda membuka “file A” dan menyimpannya lagi, informasi tambahan akan disimpan di sebelah “file B”.

BACA JUGA:  Apakah virus komputer menyebar melalui media?

Ketika file dipecah dengan cara ini, itu disebut file terfragmentasi. Ini berarti bahwa komputer harus menemukan bagian pertama dari file dan kemudian bagian kedua dari file untuk membuka dokumen satu kata. Hal ini dapat memperlambat komputer Anda. Akan tetapi, Windows telah menyediakan program untuk mengatur ulang file sehingga tidak lagi terpisah dan ditempatkan persis di sebelah satu sama lain.

Anda dapat menjalankan Disk Defragmenter dengan memilih “Semua Program” dari tombol Start. Kemudian pilih “Accessories” dan “System Tools” dan Anda akan melihat “Disk Defragmenter”. Sebenarnya, ini juga cara lain untuk memilih pembersihan disk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *