Keamanan Komputer – lebih besar dari sekedar spyware dan virus
sumber gambar : freepik.com

Keamanan Komputer – lebih besar dari sekedar spyware dan virus.

Keamanan komputer pada dasarnya berarti menjaga komputer Anda dan data di dalamnya tetap aman. Lebih banyak data pribadi disimpan atau diakses dari komputer Anda lebih dari sebelumnya. Namun, kebanyakan orang bahkan tidak memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana menjaga keamanan komputer mereka. Dengan mengikuti beberapa aturan sederhana, Anda dapat secara signifikan meningkatkan keamanan komputer Anda secara keseluruhan.

Ada harus memahami konsekwensi terhubung ke Internet. Komputer yang terhubung ke Internet dalam banyak hal seperti rumah. Ada beberapa cara di rumah Anda. Semakin banyak jendela dan pintu, semakin banyak orang yang bisa masuk ke rumah Anda. Hanya karena pintu terbuka tidak berarti Anda akan dirampok, tetapi itu meningkatkan peluang Anda. Masalah kompleks dari berpikir bahwa itu terkunci mungkin bukan karena kuncinya rusak atau pintu itu sendiri memiliki cacat yang belum ditemukan yang dapat memudahkan penyusup untuk mendapatkan akses ke rumah Anda.

Komputer memiliki banyak jendela dan pintu, tetapi tidak semuanya terkunci. Kelemahan baru ditemukan setiap hari, dan perbaikan sering dilakukan setelah beberapa hari. Sama seperti Anda tidak mengunci pintu depan Anda, Anda tidak boleh membiarkan komputer Anda terbuka lebar. Dua hal pertama yang akan kita bahas untuk membantu tugas ini adalah menginstal firewall berkualitas tinggi dan memperbarui perangkat lunak yang diinstal secara teratur.

Memperbarui perangkat lunak, terutama sistem operasi, semakin mudah akhir-akhir ini. Saya tidak punya waktu untuk menjelaskan secara rinci tentang berbagai cara untuk memperbarui banyak paket perangkat lunak yang Anda miliki atau gunakan, tetapi biasanya produsen perangkat lunak menyediakan cara untuk memperbaruinya secara otomatis melalui Internet. Contoh yang baik dari ini adalah fitur Pembaruan Microsoft Windows. Dapatkan pembaruan pada semua yang terinstal di komputer Anda. Tidak ada yang terlalu sepele.

BACA JUGA:  Apakah virus komputer menyebar melalui media?

Ada dua tipe dasar firewall, keduanya melakukan fungsi yang sama. Salah satunya adalah perangkat keras dan yang lainnya adalah perangkat lunak. Jika Anda menggunakan firewall perangkat keras, firewall tersebut mungkin disertakan dengan router Anda, tetapi Anda mungkin memiliki atau mungkin tidak menginstal firewall perangkat lunak. Untuk melanjutkan analogi rumah kami, firewall seperti membangun dinding dan pintu di sekitar rumah dan mendikte siapa penjaga pintu masuk dan keluar. Ini memberikan perlindungan yang cukup besar, tetapi bukan hanya itu yang Anda butuhkan. Seseorang mungkin tahu jalan di sekitar atau di bawah tembok Anda, dan mereka mungkin memaksa penjaga masuk.

Anda dapat mengizinkan seseorang tanpa menyadarinya. Ini dapat terjadi hanya dengan membuka email atau hanya menjelajahi Internet. Spyware, virus, Trojan, dan lainnya lebih mahir menipu Anda dan penjaga Anda. Email tersebut mungkin berasal dari teman tepercaya yang tanpa sadar mengandung virus berbahaya. Di sinilah lapisan perlindungan berikutnya masuk: perangkat lunak antivirus.

Perangkat lunak antivirus adalah kategori besar hari ini. Seringkali paket ini datang sebagai “set” yang menyertakan pemindai firewall dan spyware. Sebagian besar program ini sangat efektif sesuai dengan apa yang dijanjikan, tetapi tidak bijaksana untuk tertipu oleh rasa aman yang salah. Ini hanyalah satu lapisan dari rencana perlindungan berlapis-lapis untuk Anda dan komputer Anda. Satu hal penting terakhir tentang perangkat lunak antivirus adalah bahwa itu harus diperbarui secara teratur. Ancaman baru muncul setiap hari, jadi periksa pembaruan secara manual untuk melihat apakah itu terjadi.

Kembali ke analogi rumah, sekarang semua jendela, pintu, dan jalan masuk lainnya terkunci dan diperbarui sepenuhnya. Di sekitar rumah kami, kami memiliki dinding dengan penjaga di pintu dan perangkat lunak yang memindai semua yang masuk melalui pintu. Kedengarannya cukup bagus, tetapi ada satu lubang keamanan terakhir yang perlu kita atasi. Itu kamu.

BACA JUGA:  Penting dilakukan sebelum memutuskan membeli komputer baru

Sebagian besar masalah infeksi disebabkan oleh pemakai komputer itu sendiri. Internet adalah tempat yang selalu berubah di mana pengguna harus dididik tentang penggunaannya. Saya tidak menyarankan bahwa Anda hanya perlu menjadi ahli komputer untuk membaca email. Namun, saya sarankan Anda meluangkan waktu untuk mendidik diri sendiri tentang beberapa risiko yang muncul setiap hari dan tindakan pencegahan yang harus Anda ambil untuk menghindarinya.

Singkatnya, komputer adalah mesin kuat yang terhubung ke Internet, salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan. Sumber daya yang besar ini bisa menjadi tempat yang berbahaya jika tidak dipersiapkan dan diinformasikan dengan benar. Pembaruan perangkat lunak secara teratur, firewall yang bagus, perangkat lunak antivirus, dan sedikit pelatihan adalah dasar-dasar keamanan komputer. Mengetahui dan memahami dasar-dasar ini akan membuat komputer Anda lebih aman, lebih aman, dan lebih menyenangkan untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *