Apakah Perangkat Lunak Keamanan Internet Benar-Benar Berfungsi
sumber gambar : freepik.com

Apakah Perangkat Lunak Keamanan Internet Benar-Benar Berfungsi?

Dalam beberapa tahun terakhir ada banyak alat keamanan Internet yang menargetkan pasar konsumen yang mengklaim dapat memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap ancaman online seperti situs phishing, Trojan, dan virus. Paket keamanan internet termasuk Norton Internet Security, Webroot Spy Sweeper, McAfee Antivirus, dan banyak lagi. Apakah produk ini benar-benar efektif dalam memerangi ancaman dan melindungi informasi pribadi Anda agar tidak dicuri?

Dengan antarmuka baru dan pengenalan Norton Internet Security 2007 yang terjangkau, pengguna rumahan dapat mengharapkan perlindungan online yang komprehensif dan keamanan privasi saat melakukan perbankan atau berbelanja online.

Alat keamanan Internet ini, terutama Norton Internet Security, menyertakan sejumlah fitur cerdas yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman yang tidak dikenal atau tidak dikenal menggunakan algoritme pemantauan perilaku. Namun, banyak pengguna biasa yang tidak pernah menyimpang dari situs web utama akan menemukan sebagian besar fitur perangkat lunak keamanan internet yang tersedia saat ini tidak diperlukan. Ini seperti membeli BMW untuk dikendarai ke gereja pada hari Minggu saja.

McAfee Internet Security Tools, misalnya, bahkan dengan versi baru, masih terasa berat dan canggung, tidak dapat menemukan media yang memuaskan antara fitur, kemudahan penggunaan, dan kinerja.

Selain itu, banyak aplikasi tidak bekerja dengan baik dengan perangkat lunak keamanan lain yang mungkin sudah Anda instal di PC Anda. Ini adalah perangkat lunak antivirus, antispyware, dan anti-adware pihak ketiga yang dibeli dari vendor lain, aplikasi yang mungkin telah bekerja dengan baik sejauh ini, jadi tidak ada alasan untuk berhenti menggunakannya.

Jadi, ada baiknya untuk melihat fitur terlebih dahulu sebelum membuat keputusan pembelian. Jika BMW telah memutuskan bahwa Anda tidak perlu pergi ke gereja seminggu sekali, ZoneAlarm Internet Security 7, perangkat lunak keamanan internet yang lebih ringan dan lebih ramah pengguna, mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

BACA JUGA:  Keamanan Komputer – lebih besar dari sekedar spyware dan virus.

Ada beberapa jenis risiko yang dapat memengaruhi keamanan PC Anda saat menjelajahi web hari ini dan menginstal perangkat lunak yang diunduh. Virus, Trojan, spyware, worm, dan rootkit. Program-program ini dapat diinstal di komputer Anda saat Anda mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak tepercaya atau mengunjungi situs web jebakan, yang sering disebut sebagai situs phishing.

Selain itu, malware sering menyebar dengan mengirimkan email palsu ke semua orang di buku alamat Anda. Namun, salinan bajakan perangkat lunak tidak hanya dapat berisi kode berbahaya, tetapi virus sering kali datang dari sumber yang tidak curiga. Beberapa CD musik Sony juga tidak sengaja terinfeksi virus.

Semua paket perangkat lunak antivirus yang tersedia saat ini menangani ancaman ini dengan secara khusus memindai file yang diunduh, meluncurkan aplikasi, dan memindai email masuk, lampiran yang beberapa di antaranya memblokir malware yang masuk dan menghapus pesan instan juga dapat diperiksa. Peneliti keamanan mengatakan bahwa meskipun perangkat lunak antivirus telah menjadi suatu keharusan, itu tidak lagi cukup karena kita menemukan situs berbahaya setiap hari yang dapat menggunakan teknologi pintar untuk menyerang PC.

Beberapa perangkat lunak berbahaya dirancang untuk mencuri informasi sensitif seperti kredensial login, kata sandi, informasi pribadi, dan nomor kartu kredit. Peretas terus menemukan cara baru untuk mencuri informasi yang telah menembus komputer Anda atau mencegat penekanan tombol yang Anda ketik saat berbelanja atau perbankan online.

Sementara pencurian identitas online adalah masalah yang semakin bermasalah, melindungi komputer Anda dari ancaman semacam ini sangat penting. Setiap potongan informasi yang Anda simpan di komputer Anda atau kirim melalui Internet bisa menjadi penjahat dunia maya. Itulah mengapa Anda memerlukan perlindungan keamanan Internet yang kuat seperti antivirus, firewall, dan perangkat lunak antispyware.

BACA JUGA:  Penting dilakukan sebelum memutuskan membeli komputer baru

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ancaman keamanan dan privasi berasal dari adware, spyware, dan phishing. Insinyur keamanan mengakui bahwa jenis ancaman ini adalah salah satu ancaman yang paling cepat berkembang terhadap PC dan keamanan pribadi di web saat ini. Masalah utama adalah bahwa aplikasi ini adalah program kecil yang dapat dikirim melalui internet dan diinstal pada komputer korban dalam hitungan detik dan tidak dapat dideteksi tanpa program antimalware yang tepat bekerja di latar belakang.

Beberapa spyware dan adware mungkin tidak cukup berbahaya dengan mengumpulkan informasi tentang situs yang Anda kunjungi atau apa yang Anda lakukan saat bekerja di PC. Namun, masih ada beberapa spyware yang sangat berbahaya yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer Anda ke komputer Anda, misalnya botnet, jaringan sistem terinfeksi di seluruh dunia yang sering digunakan oleh penjahat dunia maya untuk meluncurkan serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Sebuah artikel berjudul “State of the net 2006” yang diterbitkan pada September 2006 oleh Consumer Reports mengutip statistik mengejutkan yang menunjukkan kerusakan yang dilakukan oleh virus, spyware, dan adware pada komputer yang dimiliki oleh individu dan bisnis. Majalah tersebut melaporkan bahwa hampir satu juta orang telah mengganti komputer mereka dalam enam menit terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *