Catat, ini Syarat peserta BPJamsostek Bisa Punya Rumah Idaman
sumber gambar: Kemnaker

Catat, ini Syarat peserta BPJamsostek Bisa Punya Rumah Idaman

Advertisements
Advertisements

Kabar gembira datang dipenghujung tahun 2021, khususnya bagi peserta BPJAMSOSTEK. Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, peserta BPJAMSOSTEK menerima manfaat tambahan diantaranya kemudahan untuk bisa mendapatkan rumah.

Menurut Ibu Menteri, sejatinya, aturan ini sudah diluncurkan sejak tahun 2016, yang kemudian disempurnakan melalui Permenaker Nomor 17 Tahun 2021. Beliau juga menambahkan, ada tiga hal-hal baru yang diatur pada Permenaker ini, diantaranya:

Penambahan penyaluran MLT

Penyaluran MLT dilaksanakan lewat Bank Daerah yang sudah tergabung dalam ASBANDA atau kependekan dari Asosiasi Bank Daerah. Adapun kantor pusat ASBANDA berada di daerah Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Advertisements
Advertisements

Skema Novasi

Penambahan skema novasi memungkinkan peserta untuk mengajukan pengalihan KPR umum untuk diubah menjadi KPR MLT. Anda bisa menghubungi pihak bank terkait untuk info lanjut mengenai skema ini.

Penyesuaian suku bunga deposito

Penyesuaian ini diperlukan sebagai dasar perhitungan suku bunga funding dan lending.

Dengan diluncurkannya skema tambahan tersebut di atas, pembuat kebijakan berharap agar para pekerja semakin mudah untuk memiliki rumah idaman.

Tak lupa, Ibu Menteri juga menyampaikan apresiasi kepada Bank BTN atas kebersediaannya untuk berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam menjalankan MLT Program JHT ini.

Seperti diketahui, pada akhir Oktober lalu, Bank BTN telah menandatangani Perjanjian Kerjasama bersama BPJS Ketenagakerjaan . Hal ini ditindak lanjuti dengan merealisasikan “akad masal” yang diikuti oleh sebanyak 150 pekerja MLT Program Jaminan Hari Tua. Tentunya, dimasa pandemi ini, 100 pekerja diantaranya dilaksanakan via online dari seluruh wilayah Indonesia.

Haru Koesmahargyo selaku Direktur Utama Bank BTN mengungkapkan bahwa acara tersebut sebagai bentuk sosialisasi Manfaat Layanan Tambahan dan penghargaan atas antusiasme para peserta BPJamsostek.

BACA JUGA:  Harga Emas Batangan 2022

“Tentunya hal ini adalah baru tahap awal, dan akan terus dilaksanakan sampai kebutuhan akan rumah yang layak bisa terpenuhi.” ungkap beliau.

Haru optimis bahwa Bank BTN akan banyak membantu pemerintah Indonesia dalam mencapai target Program Sejuta Rumah yang telah dicanangkan sejak tahu 2015 lalu.

Persyaratan

Syarat Umum

Adapun syarat umum jika ingin mengajukan KPR bagi peserta BPJamsostek adalah sebagai berikut:
1. Belum pernah mendapat bantuan perumahan dari BPJamsostek
2. Menerima surat rekomendasi dari BPJamsostek
3. Peserta belum mempunyai rumah untuk KPR/PUMP
4. Memiliki sertifikat IMB atas nama peserta atau pasangan.

Syarat Khusus

Selain syarat umum, ada juga syarat khusus yang wajib untuk dipenuhi sebagai berikut:
1. WNI berusia paling rendah 21 tahun, dan paling tinggi berusia 65 tahun dihitung saat kredit lunas.
2. Bank berhak menilai pengajuan berdasarkan penghasilan peserta
3. Tidak memiliki masalah kredit di BTN atau bank yang lain.
4. Bank menganggap peserta dan pasangan sebagai satu kesatuan kecuali ada perjanjian lain yang disahkan oleh notaris.

Advertisements
Advertisements