Advertisements
Inilah Manfaat Menerapkan Track Customer Service Pada Perusahaan
sumber gambar: freepik.com

Inilah Manfaat Menerapkan Track Customer Service Pada Perusahaan

Pelanggan merupakan unsur yang sangat menentukan bagi kesuksesan suatu bisnis. Untuk itu, prose customer tracking perlu untuk dilakukan sejak awal. Customer tracking memungkinkan pemilik usaha untuk bisa memahami kebutuhan pelanggan. Dalam prosesnya, diperlukan aplikasi khusus untuk mencatat data pelanggan dengan cara yang efisien.

Minimal, software ini memiliki feature utama seperti bisa menyimpan informasi pelanggan, riwayat kedatangan pelanggan dan semua proses yang terjadi harus tercatat. Tentu saja, semua data harus ditampilkan dalam bentuk grafik sederhana yang mudah dimengerti. Jadi saat diperlukan, kita bisa mencari data pelanggan dengan mudah.

Pengertian Track Customer Service?

Track customer service merupakan software yang sangat bermanfaat untuk mencatat segala aktivitas layanan yang diterima atau digunakan oleh pelanggan pada suatu penyedia bisnis. Kemampuan software ini tidak hanya sekedar mencatat saja, tetapi dilengkapi dengan kemampuan untuk merespon, mengelola kebutuhan, menyimpan semua riwayat pelanggan, dan juga bisa menganalisa kebutuhan pelanggan dikemudian hari.

Bisnis yamg menerapkan software track customer service ini akan memiliki kemudahan untuk mengontrol dan antisipasi permasalahan yang bisa ditemui oleh tim support saat melayani pelanggan tersebut suatu saat nanti. Disamping itu, customer tracking juga memungkinkan tim terkait di dalam bisnis tersebut untuk bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan data yang lengkap, keuntungan selanjutnya adalah bisa menyusun strategi berikutnya seperti peningkatan layanan atau untuk keperluan pemasaran.

BACA JUGA:  Cara Root HP Android

Mengapa perlu Tracking Customer Anda?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, semakin banyak data pelanggan yang kita terima, semakin mudah untuk memahami kebutuhan pelanggan. Jika semua kebiasaan pelanggan terekam, seperti berapa usia pelanggan, apa saja yang pernah dibeli pelanggan, dari mana asal pelanggan, pemilik bisnis bisa menyesuaikan cara paling efektif dalam berkomunikasi.

Bagaimana Proses Tracking Customer Service yang Efektif?

Tentunya, kita tidak bisa sembarang menerapkan proses tracking customer service ini. Semua data harus terukur, agar mudah mengolah data dan menentukan langkah selanjutnya. Untuk lebih jelasnya, biasanya ada beberapa metrik pengukuran yang lazim digunakan dalam proses tracking customer service ini, antara lain adalah:

– Mengukur Jumlah Pelanggan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh software Customer tracking adalah mencatat jumlah pelanggan. Biasanya pada sistem customer service, berapa jumlah pelanggan dapat dihitung dari banyaknya panggilan yang masuk, berapa chat yang dilayani, berapa jumlah percakapan tiap hari atau kalau memungkinkan bisa lebih detail mencatat jumlah chat baru per agen. Lebih sempurna jika data-data tersebut bisa ditampilkan dalam beberapa pilihan periode seperti harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

– Melacak Kepuasan Pelanggan

Seringkali, setelah kita mendapatkan sebuah pelayanan, kita disuruh untuk mengisi sebuah survey kepuasan. Data kepuasan pelanggan ini sangat penting bagi suatu perusahaan. Dengan data kepuasan pelanggan yang masuk, kita bisa mengukur apakah kita sudah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan atau sebaliknya. Untuk prosesnya, bisa melalui telpon, email, whatsapp, atau kertas tertulis.

– Track Kecepatan Respon Customer Service

Seperti pepatah waktu adalah uang, kecepatan customer service saat melayani pelanggan juga sangat menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Jika ada keterlambatan respon, bisa menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan. Sebagai contoh, saat ada keluhan tentang suatu produk, customer service bisa langsung merespon, memperkirakan penyebabnya, dan menjelaskan solusi yang paling memungkinkan. Jangan sampai pelanggan merasa diabaikan. Atur jadwal perbaikan jika memang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:  KPPU Endus Aroma Praktik Kartel Minyak Goreng

– Track berapa lama customer service melakukan percakapan

Semakin cepat bagian support menangani permasalahan pelanggan, maka semakin banyak juga permasalahan yang bisa diselesaikan. Biasanya, untuk permasalahan yang sederhana, prosesnya cukup 2 sampai 5 menit sampai permasalahan bisa diatasi.Catat waktu rata-rata, agar data bisa ditampilkan dalam bentuk grafik.

– Customer Retention

Berikan layanan terbaik kepada pelanggan, mereka jangan sampai lepas. Karena proses untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, dibanding mempertahankan yang sudah ada. Tentunya agar pelanggan tidak berpindah ke tempat lain, jaga pelayanan secara maksimal agar mereka semakin loyal. Jika ini bisa tercatat, akan bisa dihitung rata-rata berapa lama pelanggan menggunakan layanan dalam periode tertentu.

Apa saja Manfaat Track Customer Service?

Software customer tracking sangat diperlukan untuk mengukur kualitas perusahaan dalam melayani pelanggan. Hasilnya dijamin akurat karena semua serba terukur dalam bentuk angka dan grafik. Ditambah, manfaat lain yang bisa didapat perusahaan setelah menggunakan software track customer service adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh data dan aktivitas pelanggan yang lebih komplit
  • Memantau langsung kemampuan tim support bekerja
  • Memiliki data bisnis mana yang diminati oleh bisnis
  • Mengidentifikasi suatu kendala secepat mungkin
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan secara maksimal
  • Menjaga loyalitas pelanggan
  • Menghemat biaya operasional suatu perusahaan
  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan produktivitas tim support

Mau tau 4 Track Customer Service Software Terbaik? Klik disini.