Advertisements
cara cek tagihan listrik pln

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Tanpa adanya listrik, manusia akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Sebagai contoh, perusahaan jasa desain studio sehari-hari bekerja dengan menggunakan komputer, akan sangat kesulitan jika tidak ada listrik. Komputer atau laptop tidak bisa bekerja karena tidak ada daya.

Begitu juga kehidupan lainnya, mulai dari kegiatan yang ada di rumah tangga, sangat tergantung pada listrik. Lampu, penanak nasi, kulkas, kipas angin, AC, dan lain sebagainya. Tanpa adanya listrik, peralatan-peralatan tersebut tidak akan bisa kita gunakan.

Sudah bisa membayangkan kan, hari-hari tanpa adanya listrik akan membawa kita kembali ke era Majapahit. Tidak hanya di perkotaan, ketergantungan akan listrik pun sudah sampai ke pelosok-pelosok desa.

Cek Tagihan Listrik

Seperti yang kita ketahui bersama, kebutuhan listrik saat ini dipasok oleh Perusahaan Listrik Negara. Karena kita sudah menerima hak mendapat sambungan listrik, ada kewajiban yang harus kita penuhi. Kita harus membayar biaya pemakaian listrik setiap bulan. Besarnya tiap rumah bisa berbeda-beda, tergantung pemakaian sehari-hari.

Semakin banyak peralatan yang menggunakan listrik, secara otomatis biaya tagihan bulanan akan semakin besar. Kita sebagai konsumen bisa secara mandiri mengetahui berapa besar tagihan listrik setiap bulannya.

Untuk memudahkan konsumen listrik melihat tagihan bulanannya, PLN telah menyiapkan sistem yang memadai. Pelanggan bisa cek tagihan listrik menggunakan banyak cara, bisa melalui telepon, melalui SMS, atau melalui aplikasi PLN Online.

BACA JUGA:  Listrik di Rumah Mati? Lapor Saja Lewat PLN Mobile

Mau tahu cara cek tagihan listrik yang mudah, berikut ini cara mudah cek tagihan listrik bulanan.

1. Cek Tagihan Listrik melalui Telepon

Kita bisa cek tagihan listrik menggunakan telepon. Bisa menggunakan telepon biasa, atau menggunakan hp android, hp Iphone, dan semua merk yang lain, yang penting ada pulsa yang mencukupi.

Caranya, lakukan panggilan telepon ke nomor customer service resmi PLN, yaitu 123. Jangan lupa, untuk menambahkan kode area sesuai kota masing-masing. Sebagai contoh, jika Anda berada di kota Jakarta, maka lakukan panggilan ke nomor 021-123.

Atau jika Anda kebetulan berdomisili di kota Yogyakarta, nomor yang harus Anda panggil adalah 0274-123. Untuk daerah-daerah lain bisa menyesuaikan ya..

Setelah melakukan panggilan tersebut, tunggu beberapa saat hingga tersambung dengan operator. Call center PLN ini bisa Anda hubungi 24 jam sehari.

2. Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara cek tagihan listrik melalui SMS sangatlah mudah. Memang, ada sedikit biaya yang dibutuhkan dalam prosesnya. Anda akan dikenai biaya SMS sebesar Rp500 belum termasuk pajak, saat menerima sms dari PLN.

Sebelumnya, Anda perlu untuk melakukan pendaftaran agar bisa menerima info tagihan listrik melalui SMS. Proses pendaftarannya pun cukup mudah, yaitu kirim SMS dengan format:

REK [spasi] No ID Pelanggan

Lalu kirim sms tersebut ke nomor 8123. Misal nomor pelanggan Anda adalah 522012345678, maka format SMS yang benar adalah sebagai berikut:

REK 522012345678

Setelah proses pendaftaran berhasil, langkah selanjutnya adalah berlangganan sms tagihan listrik. Caranya juga sama, dilakukan melalui SMS ke nomor 8123 dengan format sebagai berikut:

PLN [spasi] ON [spasi] ID pelanggan

Misalnya, PLN ON 522012345678 kirim ke 8123.

BACA JUGA:  Mulai Besok Minyak Goreng Dijual Rp 14.000/Liter

Nanti setiap ada tagihan baru, Anda akan menerima sms pemberitahuan jumlah tagihan listrik yang harus Anda bayar.

Kemudian, jika Anda ingin berhenti berlangganan sms tagihan listrik, formatnya adalah sebagai berikut:

PLN [spasi] OFF [spasi] ID pelanggan

Lalu kirim sms tersebut ke nomor ke 8123.

Misalnya, PLN OFF 522012345678 kirim ke 8123.

3. Cek Tagihan Listrik Melalui Hp Android

Cara cek tagihan listrik selanjutnya adalah menggunakan HP Android. Cara ini khusus bagi Anda yang memiliki HP Android semua merk. Bisa merk Samsung, Xiaomi, Oppo, dan merk-merk yang lain. Yang diperlukan adalah space yang cukup di HP Anda. Jika saat ini full, Anda perlu untuk membuang beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

Berikut ini langkah-langkah untuk cek tagihan listrik melalui HP Android.

  1. Download aplikasi PLN Mobile for Andorid melalui Playstore
  2. Pilih menu Token & Pembayaran
  3. Masukkan Nomor ID atau nomor meteran yang akan dicek
  4. Klik Periksa
  5. Setelah beberapa saat, PLN Mobile akan menampilkan total tagihan yang harus dibayar
  6. Anda bisa lanjut untuk melakukan pembayaran sekaligus

4. Cek Tagihan Listrik Melalui HP iOS

Bagi Anda yang tidak mempunyai HP Android, bisa cek tagihan listrik melalui HP iOS. Lakukan cara ini jika Anda memiliki hp dengan merk iPhone.

Cara cek tagihan listrik pelanggan menggunakan aplikasi PLN Mobile khusus iOS adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi PLN Mobile malalui appStore
  2. Pilih menu Token & Pembayaran
  3. Masukkan Nomor ID atau nomor meteran yang akan dicek
  4. Klik Periksa
  5. Setelah beberapa saat, PLN Mobile akan menampilkan total tagihan yang harus dibayar
  6. Anda bisa lanjut untuk melakukan pembayaran sekaligus

5. Cek Tagihan Listrik lewat Website

Berikutnya, selain cek tagihan listrik melalui cara-cara di atas, PLN juga menyediakan kemudahan lain buat pelanggannya, yaitu cek tagihan listrik melalui website resmi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

BACA JUGA:  Lowongan Dokter Pribadi Kepala BNPB dipastikan Hoax

Cara mudah cek tagihan listrik via situs resmi PLN:

  1. Kunjungi web remi PLN
  2. Login menggunakan data login dan password, atau buat akun jika Anda belum memiliki akun di website PLN.
  3. Masukkan ID pelanggan PLN
  4. Masukkan kode unik yang tersedia
  5. Kemudian, klik cek tagihan
  6. Tagihan listrik Anda akan ditampilkan

6. Berlangganan E-mail dari PLN

Alternatif terakir cek tagihan listrik melalui email. Cara terakhir ini membutuhkan aktivasi dari pihak PLN. Untuk detailnya, Anda bisa menghubungi customer service PLN melalui email di: pln123@pln.co.id. Atau, Anda juga bisa menghubungi PLN melalui media sosial mereka di Twitter atau PLN.

Cara Membayar Tagihan Listrik Online

Setelah mengetahui jumlah tagihan listriknya, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran tagihan listrik. Untuk membayar tagihan listrik juga sangat mudah, silahkan pilih salah satu yang menurut Anda paling mudah.

1. Kantor Pos
2. Melalui ATM, atau Internet Banking serta SMS Banking
3. Lewat E-Commerce Bukalapak, Tokopedia, Shopee
4. Loket pembayaran keliling